Business Model Canvas


Business model canvas adalah sebuah model bisnis yang dibuat dan dirangkai sedemikian rupa agar bisa menghasilkan satu rencana jangka panjang sekaligus melihat apa saja yang perlu dilakukan ketika ingin membangun bisnis. Banyak alasan mengapa masyarakat jaman sekarang mengutamakan dan mencoba untuk berbisnis, salah satunya Sejak munculnya praktik e-commerce, model bisnis menjadi salah satu konsep yang paling menonjol di antara konsep-konsep manajemen yang lain. Hadirnya e-commerce membuat para praktisi bisnis mengubah total model bisnis lama menjadi model bisnis baru yang lebih sesuai.
Mengenai bisnis model kanvas

1.    Customer segment
Adalah suatu langkah awal dalam membuat bisnis model atau inti dari perusahaan. Perusahaan dapat hidup dan berkembang karna mempunya pelanggan-pelanggan yang memberikan keuntungan bagi perusahaan.
Segmen pelanggan bisa dipengaruhi oleh :

Ø  Spesifik produk / jasa yang dibutuhkan ada pelanggan yang membeli produk berkaitan dengan fungsi, ada juga pelanggan yang membeli produk karena status sosial atau image yang timbul, dalam hal ini tentu kita memberi layanan yang berbeda untuk dua macam pelanggan ini.
Ø  Jalur pemasaran yang dipakai untuk mencapai pelanggan, ada juga produk yang kita pasarkan langsung dan juga melewati perantara. Agar dapat melayani dua macam pelanggan yang berbeda juga dengan produk yang mereka pesan berbeda.
Ø  Layanan atau produk dimana pelanggan membayar lebih.
Ø  Arus pendapatan atau revenue stream yang menguntungkan bagi perusahaan juga ada project yang bersifat one time, dan ada project yang bersifat langganan.
Ø  Cara menjaga relasi, layanan dimana kita harus menjaga relasi dengan baik, dan juga produk yang dijual sudah cukup memberi banyak informasi hingga tidak perlu relasi lagi.

2.    Value proposiont
adalah sebuah penjabaran dalam melihat bagaimana menciptakan value untuk para konsumen. Value ini salah satunya adalah manfaat. Jadi dengan melihat ini, maka kamu bisa tahu apa saja manfaat yang bisa didapatkan para konsumen ketika menggunakan bisnis kamu nantinya.Value propositions canvas tidak hanya melihat manfaat saja, tetapi juga kebutuhan konsumen, membantu memecahkan masalah dari para konsumen dan apa saja yang harus kamu kerjakan nantinya. Penilaian secara sistematis dan terstruktur memang menjadi keunggulan dari value propositions canvas.

3.    Channel
Adalah media bisnis yang digunakan untuk mendeliver solusi yang ditawarkan untuk sampai ke konsumen. Bisa berupa website, online advertisement, aplikasi, bahkan seorang sales person.

4.    Customer Relationship
Adalah bagaimana menjalin hubungan dengan pelanggan. Agar pelanggan tidak mudah berpaling ke bisnis yang lain, maka sangat penting untuk menjalin hubungan yang baik. Selain itu, diperlukan juga pengawasan yang ketat dan intensif.
5.    Revenue Stream
Model bisnis kanvas adalah mencakup langkah-langkah yang harus dikuasai oleh seorang pebisnis. Seperti pemanfaatan biaya iklan, langganan, penjualan retail, lisensi, dan sebagainya.Dan juga kamu perlu menjabarkan struktur finansial dari perusahaan, dibagaian revenue kamu perlu tuliskan produk atau jasa apa saja yang dapat memberikan pemasukan.

6.    Key activities
Key activities mencakup segala aktivitas yang harus dilakukan seorang pelaku bisnis untuk menghasilkan produk atau layanan yang baik dan memuaskan. Yang termasuk dalam lingkup ini adalah branding, packaging, pasaran internet dan lainnya.

7.    Key Resources
Yang termasuk dalam area Key Resources adalah berbagai sumber daya yang dimiliki pebisnis atau organisasi untuk mewujudkan proposisi nilai seperti manusia, brand, peralatan, dan teknologi

8.    Key Partnership
Key Partnership berisi pihak-pihak yang menjadi penentu terhadap jalannya suatu bisnis. Key Partnership mempengaruhi suksesnya suatu bisnis. Bisnis yang baik tidak hanya mampu menjalin hubungan dengan para pelanggan saja, tapi juga dengan pihak yang bersangkutan lainnya seperti pemasok dan tim pemasaran.

9.    Cost Structure
Meliputi biaya-biaya apa saja yang harus dikeluarkan untuk membentuk, memproduksi dan memasarkan produk atau layanan bisnis. Dengan pengelolaan biaya yang benar, bisnis yang kita jalankan akan menjadi lebih efisien, hemat dan meminimalkan risiko kerugian.


Contoh Bisnis Model Perusahaan Gojek
Salah satu yang menarik dari bisnis model Gojek di atas ialah pada bagian key resources. Jika biasanya perusahaan transportasi haruslah memiliki aset berupa kendaraan, tempat parkir yang luas, maka Gojek tidak membutuhkannya. Itulah yang menjadi alasan mengapa harga dari bisnis model Gojek sangat efisien dan bisa menawarkan harga lebih murah.
Selain itu, elemen channels (penghubung antara pengguna dan penyedia jasa) adalah sebuah aplikasi. Yang mana dapat menghubungkan antar kedua pihak secara lebih cepat, efisien dan tepat sasaran. Hal ini lah yang membuat pengguna Gojek puas dengan layanan aplikasi karena kemudahan yang ditawarkannya.
Kesimpulan
Bisnis Model Canvas memiliki sembilan elemen, yaitu Customer Segment, Value Proposition, Channel, Customer Relationship, Revenue Stream, Key Partnership, key Resources, Key Activities, dan Cost Structure. Dan E-commerce membawa peluang bisnis besar seperti penjualan produk dan penyediaan layanan online dan pertumbuhan pendapatan untuk perusahaan seperti e-retailer terutama karena sifatnya yang mudah dan interaktif, biaya yang lebih rendah, dan tingkat tinggi kustomisasi dan personalisasi untuk pelanggan. Dan yang paling penting diutamakan dalam berbisnis adalah mencari keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Namun tak dipungkiri bahwa keadaan ekonomilah yang memaksa mereka untuk berusaha memenuhi kebutuhan mereka masing-masing. Keadaan ekonomi yang memaksa mereka untuk aktif dan bertindak mencari penghasilan yang didapat melalui cara berbisnis.
ini. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Produk Dan Penentuan Harga Jual

Manajemen Organisasi Dalam Wirausahaan